Mengintip Keindahan Alami Panorama Baturaden Purwokerto

Pernahkah Anda mendengar tentang Baturraden? Jika belum, maka Anda sangat disarankan untuk meluangkan waktu saat musim liburan nanti untuk mengunjunginya. Baturraden merupakan kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Purwokerto, Jawa Tengah.

Membayangkan sebuah tempat wisata yang berada di kaki gunung tentunya langsung membuat Anda berpikir tentang tempat wisata yang asri dan alami serta sejuk udaranya. Jika itu yang Anda perkirakan, maka Anda sangatlah tepat. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak sekali hal menarik yang berhubungan dengan keindahan alami dari panorama yang ditawarkan oleh Baturraden ini. Apa sajakah itu?

  • Lokasi Baturraden

 

Wisata alam batu raden-Purwokerto

Baturraden terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Purwokerto. Tidak susah untuk menjangkau tempat wisata ini. Lokasinya hanya sekitar 15 KM saja dari dari pusat kota. Apabila Anda mengendarai kendaraan pribadi, maka waktu tempuhnya hanya sekitar setengah jam saja. Dan jika Anda mengendarai kendaraan umum, Anda juga tidak akan kesusahan karena banyak sekali angkutan dalam kota yanb bisa Anda temui.

Sebelum Anda sampai ke area wisata Baturraden, saat jalanan sudah terasa menanjak, Anda sebenarnya sudah mulai bisa menikmati pemandangan. Namun tentu saja sangat disayangkan jika Anda menghentikan perjalanan Anda bukan?

  • Disambut Petruk dan Bagong

 

Penyambutan petruk dan baggong

Ketika tiba di area tempat wisata Baturraden, Anda akan langsung disambut oleh patung wayang yang wujud penokohannya sangatlah familier. Ya, di pintu masuk aera Baturraden, Petruk dan Bagong akan menyambut Anda. Petruk dan Bagong merupakan dua ikon tempat wisata Baturraden. Kedua tokoh punokawan itu menyimbolkan sifat yang bersenang-senang tapi tetap membumi atau istilah jawanya “andap asor”.

Kedua tokoh tersebut menyimbolkan tempat wisata Baturraden sebagai tempat untuk bersenang-senang. Namun di saat yang sama, para pengunjung juga diingatkan untuk tetap membumi. Karena Baturraden merupakan lokasi wisata alam, diharapkan pengunjung diingatkan untuk turut serta menjaga alam.

  • Taman yang Asri

 

Taman asri di purwokerto

Selama berjalan-jalan di area Baturraden, para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang masih sangat asri. Hamparan pohon-pohon masih bisa dengan mudah dilihat di kiri kanan pengunjung. Udara yang sejuk khas pegunungan juga membuat suasanya menjadi semakin asri. Tidak hanya itu saja, beragam taman yang dihiasi banyak tumbuhan serta air mancur membuat semuanya menjadi semakin menawan.

Pengunjung juga akan melewati tangga serta jalur yang dirancang dengan sangat apik sehingga pengunjung merasa semakin betah menikmati suasana yang ada. Jika merasa capek, ada beberapa titik yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat atau bahkan digunakan untuk tempat makan siang layaknya piknik di alam terbuka.

  • Pancuran Sakti

 

Pancuran sakti batu raden-purwokerto

Di salah satu area Baturraden, Anda akan menemukan pancuran air sebanyak tiga buah. Masing-masing pancuran mengeluarkan air bercampur belerang yang hangat dan berwarna kuning kecoklatan. Air dari pancuran tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit kulit. Banyak pengunjung yang berendam di air yang berasal dari ketiga pancuran tersebut. Anda tertarik untuk mencoba juga?

  • Air Terjun yang Indah

 

Air terjun baturaden-purwakerto

Semakin Anda memasuki area Baturraden, Anda akan sampai di suatu air terjun yang masih terjaga keasriannya. Airnya dingin dan menyejukkan yang akan langsung membuat Anda lupa akan rasa lelah dan penat Anda setelah mendaki anak tangga. Di area air terjun ini, Anda bisa bermain air atau bahkan berenang. Anda tidak perlu khawatir karena air terjun ini sangatlah aman bahkan untuk anak-anak.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •