Berita Unik

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia

Meski terbilang sudah tua dan telah mengalami banyak sekali kerusakan, dunia yang kita tinggali ini tetap merupakan tempat yang sangat indah. Meski sudah tidak banyak lagi di dunia saat ini masih terdapat banyak tempat yang menyuguhkan pemandangan yang indah yang bisa mencuri hati siapapun yang melihatnya.

Namun, tahukah kalian bahwa sebagian tempat-tempat indah di dunia ini sebenarnya merupakan tempat yang mematikan? Mulai dari banyaknya tanaman beracun sampai topologi wilayah yang memang berbahaya. Tempat-tempat unik ini tidak hanya bisa membius orang yang melihatnya dengan keindahan yang ada, namun juga benar-benar “membius” yang dalam arti sesungguhnya. Keunikan dari tempat indah namun mematikan ini yang akan saya bagikan kisahnya, sebagai berikut.

1. Tsingy, Madagaskar

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia
Terletak di sebelah utara Madagaskar, Tsingy merupakan sebuah tanaman nasional dengan tatanan geografis yang sangat indah. Di taman nasional ini kita akan bisa melihat susunan batu-batu unik yang tertata layaknya labirin yang mengelilingi seluruh taman nasional. Batu-batu yang tingginya rata-rata bisa mencapai 120 meter ini sendiri, terbentuk akibat erosi air hujan pada zaman Limeston. Karena itu selain terlihat kokoh sebagian tebug batu ini juga memiliki ujung yang runcing dan tajam. Di sinilah letak keindahan sekaligus bahaya dari gugusan baru yang ada di Tsingy. Dengan perpaduan bebatuan yang eksotis di pandang mata dan juga puluhan tanaman langka yang hidup di dalamnya. Tsingy sebenarnya merupakan lokasi yang sangat menggoda baik bagi wisatawan dan juga para peneliti pada khususnya.

Namun karena tatanan baru yang sangat berbahaya, banyak peneliti mengaku kapok untuk datang ke Tsingy dan tidak ingin kembali akibat beratnya medan serta resiko kematian yang senantiasa mengancam. Hal ini juga dibenarkan oleh salah satu wartawan National Geographic yang pernah menyambangi Tsingy. Menurut wartawan tersebut medan yang ada di Tsingy sangatlah berat. Saat mendaki tebing batu di Tsingy ia merasa seolah sedang menaiki sebuah pecahan kaca, karena tajamnya bebatuan yang ada di atasnya. Sangking tajamnya ujung baru tersebut bahkan bisa meninggalkan lubang yang sangat besar pada sepatu Boot yang ia pakai. Padahal sepatu tersebut merupakan sepatu khusus untuk mendaki yang punya sol sangat kuat dan tebal. Untuk menghindari kakinya terluka wartawan itu bahkan harus memasang besi tipis didalam sepatunya untuk mencegah ujung batu yang tajam menembus kakinya. Jadi bisa dibayangan akan seperti apa jika tubuh manusia langsung terkena ujung-ujung tajam di Tsingy.

2. Alnwick Garden, Inggris

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia
Saat mendengar tentang taman bunga yang akan terbayang dibenak orang adalah sebuah tempat yang indah dan penuh warna. Namun bagaimana jadinya jika taman bunga yang berwarna-warni itu ternyata berisikan tanaman beracun yang mematikan?

Hal inilah yang akan kita jumpai saat berkunjung ke sebuah taman bunga bernama “Alnwick” yang terletak di Northumberland, Inggris. Taman bunga ini bisa dibilang sebagai taman mematikan didunia, karena di dalamnya terdapat lebih dari 100 jenis tanaman dan bunga yang sangat beracun. Didirikan oleh Jane Percy pada tahun 2005 lalu, taman ini memang sengaja dibangun untuk menampung tanaman beracun yan ada di dunia.

Ide awal terciptanya taman ini sendiri sebenarnya datang secara tak sengaja, pada tahun 1995 Jane diminta untuk merawat sebuah tanah tandus yang ada di daerah Northumberland. Dari sinilah ia mulai terfikir untuk membuat inovasi baru dengan mengisi tanah tersebut dengan berbagai tanaman beracun. Sejak saat itu Jane mulai melakuakn perjalanan keliling untuk mengumpulkan lebih dari 100 jenis tanaman beracun, sampai akhirnya berhasil membangun taman Alnwick. Setelah taman ini rampung, banyak orang mulai tertarik untuk mengunjunginya akibat tertarik dengan keindahan tanaman beracun yang ada di taman ini. Namun, meski begitu para pengunjung dilarang keras untuk enyentuh atau mencium wangi dari semua tanaman di taman ini, karena beberapa bunga yang ada di taman ini memiliki kadar racun yang bisa membuat orang langsung mati hanya dengan menyentuhnya saja. Dengan kondisi seperti ini maka tak salah jika orang seringkali menyebut jika taman Alnwick adalah ladang bunga paling mematika di dunia.

3. Tserik-Kel, Rusia

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia
Tserik-Kel merupakan sebuah danau berwarna biru yang ada di Rusia yang terkenal dengan keindahan tanaman air yang ada di dalamnya. Di dalam danau yang memiliki air lumayan jernih ini terdapat banyak alga angka dan juga tanaman air yang jarang ditemui dimanapun. Karena itu banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti danau ini. Namun dibalik keindahannya danau ini sebenarnya sangat mematikan karena merupakan sebuah Karst, yaitu sebuah struktur danau yang berbentuk layaknya pipa panjang dengan kedalaman mencapai 250 meter. Akibat bentuknya ini, cahaya mutarai yang bisa masuk ke danau ini sangatlah sedikit. Karena itu Tserik-Kel seringkali membuat para peyelam kehilangan jarak pandang dan kebingungan dengan lokasi mereka hingga akhirnya tersesat dan tenggelam.

Selain itu, air dalam danau ini juga memiliki Level Hydrogen Sulfide yang sangat tinggi hingga membuat para penyelam harus bekerja lebih keras saat menyelam di danau ini akibat massa air yang jauh lebih berat. Selain itu, kandungan Hydrogen Sulfide yang tinggi ini juga membuat danau ini memiliki bau yang tak sedap. Dari sinilah muncul nama Tserik-Kel yang dalam bahasa Rusia berarti “Danau Bau”. Hal ini pula yang menyebabkan banyak peneliti akhirnya menyerah saat akan melakukan ekspedisi di danau, dan sampai sekarang belum ada peneliti yang berhasil mengungkap misteri dari danau misterius ini. Ditambah lagi dengan adanya beberapa peneliti yang hilang saat menyelam di Tserik-Kel, membuat danau yang diperkirakan merupakan struktur alam paling dalam yang pernah ada ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan oleh manusia.

4. Madidi National Park, Bolivia

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia
Terletak digelapnya lembah Amazon, Taman Nasional Madidi merupakan salah satu tempat paling berbahaya yang ada di dunia. Namun selain berbahaya taman nasional yang didirikan pada tahun 1995 di pegunungan Andes Bilivia ini juga menyimpan keindahan luar biasa. Sama halnya dengan kebanyakan hutan hujan pada umumnya terdapat banyak tanaman dan spesies langka endemik yang hanya bisa ditemukan di taman nasional ini. Karena itu banyak peneliti yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk meneliti keunikan flora dan fauna yang mendiami hutan yang selalu lembab ini.

Salah satu diantaranya adalah fotografer terkenal, Joel Sartore, yang pada tahun 1999 melakukan ekspedisi di Madidi selana satu bulan penuh untuk mengamati kehidupan babi liar yang ada di sana. Selama itu pula Joel mendapatkan pengalaman yang luar biasa, pada malam pertama ia sudah di suguhi pemandangan mengerikan dari seorang wanita lokal yang mengeluarkan larva serangga dari dalam tubuhnya. Selama satu minggu kemudian wajah dan tubuh Joel juga mengalami ruam yang parah dan gatal akibat gigitan ngengat. Tak hanya smapai disitu, minggu-minggu seterusnya Joel dan timnya juga mulai mengidap penyakit aneh, mulai dari cacing parsit yang hidup dalam tubuh mereka hingga jamur parasit yang menginfeksi salah satu dari mereka. Namun yang paling parah adalah infeksi bernama leishmaniasis yang di idap oleh Joel. Infeksi ini sendiri disebabkan oleh larva lalat yang hidup dalam daging manusia dan menggerogotinya dari dalam. Akibat parasit ini tubuh Joel bahkan kini memiliki banyak lubang akibat luka yang ditinggalkan oleh larva lalat ini.

5. Hodge Close Quarry, Inggris

Tempat Paling Indah Namun Mematikan di Dunia
Indah, Menantang, dan Mematikan, itulah gambaran yang cocok untuk sebuah cerukan alami bernama Hodge Close Quarry yang terletak tepat di jantung Inggris. Kolam air sedalam 25 meter ini menjadi tempat yang spesial bagi para pecinta olahraga selam di seluruh dunia. Karena tak hanya menyuguhkan pemandangan alam indah yang ada di sekitarnya, namun juga karena menawarkan petualangan menakjubkan dengan adanya ratusan terowongan bawah air yang ada di dalam kolom. Hode Close Quarry memang merupakan tempat yang unik karena awalnya merupakan tebing berbatu yang kemudian berubah menjadi kolam setelah tebing baru yang ada terkena erosi selama ribuan tahun dan membentuk struktur mirip dengan gua yang memiliki banyak sekali lorong.

Lorong dalam air ini yang menjadi daya tarik utama bagi para penyelam diseluruh dunia untuk menjelajahinya. Namun meski sangat menantang, tempat ini sesungguhnya merupakan lokasi yang sangat berbahaya, karena hanya ada satu jalan masuk dan satu jalan keluar dari ratusan lorong yang ada. Karena itu bahkan bagi seorang penyelam profesional sekalipun Hodge Close Quarry merupakan tempat yang sangat mematikan. Banyak penyelam yang telah menghilang atau meninggal di tempat ini setiap tahunnya. Untuk memperingatkan betap aberbahayanya tempat ini, di pintu masuk Hodge Close Quarry terdapat banyak papan peringatan tanda bahaya yang dipasang. Tapi meski begitu pada tahun 2011, seorang fotografer bernama Peter Bradsley, berhasil mengambil mengabadikan keindahan gua bawah air yang ada di Hodge Close Quarry. Dalam foto-foto tersebut terlibat betapa jernihnya air yang ada di dalam kolam ini yang terlihat seperti kristal setelah terkena sinar matahari. Selain itu juga Peter menemukan puluhan tengkorak berserakan di dasar gua, tengkorak dan tulang belulang ini diperkirakan merupakan milik orang-oirang yang tenggelam di kolam ini. Peter juga mengungkapkan jika air di dalam air ini sangat dingin hingga mencapai 6 derajat celcius. Dengan kondisi seperti ini maka julukan Hodge Close Quarry, sebagai salah satu tempat indah yang paling mematikan di dunia sepertinya memang tidak salah lagi.

Please follow and like us: